Hari Raya Ketupat

ketupat 2

ketupat1

Sebelumnya penulis ingin mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1434 H. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita selalu menuju yang fitri🙂

Hari raya idul fitri identik dengan ketupat bukan? Biasanya di setiap rumah menghidangkan ketupat dan opor ayam di hari lebaran. Tapi berbeda dengan di desa saya, Jejeg kec. Bumijawa ketupat banyak dibuat pada hari ke 7 lebaran walaupun ada sebagian kecil masyarakat yang membuat untuk lebaran. Kita, masyarakat jejeg biasanya menamainya dengan bada kupat atau hari raya ketupat. Di setiap rumah pasti akan sibuk membuat ketupat dan lengkap dengan sayurnya untuk kemudian di bagikan ke tetangga- tetangga. Jadi ketupat yang di buat tidak hanya untuk sendiri melainkan di bagikan juga ke tetangga.

Beda desa beda budaya. Seorang teman datang kerumah saat hari raya ketupat. Mereka heran dengan adanya hari raya ketupat atau istilahnya “bada kupat” di desa saya. Karena di desa mereka tidak mengenal bada kupat. Menurutnya di hari raya idul fitri saja orang orang membuat ketupat dan itupun untuk sendiri.

Namanya saja budaya. Tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar. Tidak ada yang paling bagus dan tidak ada pula yang paling jelek. Setiap daerah punya kebudayaan masing-masing yang diwariskan nenek moyang mereka. Menurutku budaya membagi – bagikan ketupat pada hari ke 7 lebaran dan istilah bada kupat pun itu adalah budaya yang di wariskan nenek moyang kita dulu yang terus menerus di lanjutkan oleh generasi berikutnya.

Adakah hari raya ketupat atau istilahnya jawanya bada kupat di desamu teman?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s