Dalam Diam

 

Terbesit keinginan untuk menulis ini. Hanya ungkapan yang aku rasa………………

Mungkin tak sadar aku berbuat salah padanya sehingga dia berbuat sedemikian kepada ku. Tapi, aku pikir, aku sendiri tidak pernah membicarakan kesalahannya di depan orang/banyak orang dan membuatnya jadi bahan tertawaan. Aku tidak pernah sekalipun memojokannya di depan banyak orang. Aku juga berusaha untuk berkata hati-hati agar siapapun orang yang aku ajak bicara, termasuk dia, tidak merasa sakit hati. Aku lakukan itu karena berharap dia juga akan berbuat sama sepertiku. Tapi kenyataan lain. Anggapanku bahwa dia berusaha menjatuhkanku belum juga lepas dari pikiranku. Berusaha menjatuhkanku dimanapun, selalu saja memojokanku_yang aku rasa_. Keterbatasanku yang tidak bisa membalas perkataanya saat dia memojokanku membuatku hanya bisa diam dan bersabar.Walaupun ada rasa kesal di sini. Entah sudah berapa kali dia memojokanku. Dan air mata pun tak bisa aku bendung, tentunya tidak pada saat itu. Ketika teringat kembali apa yang telah dia katakan, padahal itu belum tentu benar. Dia sendiri tidak tahu apa yang aku lakukan, tapi selalu saja memojokanku. Dan pada saat seperti ini, aku bertanya pada tuhan, Kenapa Kau memberikan keterbatasan seperti ini? Kenapa tidak bisa kau turunkan kata-kata saat itu juga yang bisa aku sampaikan untuk membalasnya? diam ditempat_tidak bisa berbuat apapun_hanya sedikit bisa membela sendiri_

Orang bijak bilang bahkan di agama ku pun menganjurkan untuk memaafkan orang yang menyakiti kita dan berdoa agar tuhan mengampuninya. Tapi aku tidak sebijak itu, dan walaupun aku tahu ini tidak benar, aku selalu berharap agar orang lain membalasnya dengan  melakukan hal yang pernah dia lakukan terhadapku. (Bolehkah berdo’a seperti ini?)

Bukankah ada hukum tabur dan tuai?

Leave a Reply

