KKG Bahasa Inggris Kec. Bumijawa: Masih Tanda Tanya

Sepertinya mood ku sedang baik untuk menulis. Aku tahu dan sadar diri kalau tulisanku masih jauh dari kata bagus. Tapi toh aku akan tetap menulis. Menulis apa yang ingin aku tulis.

Tepat pada tanggal 3 Desember 2011, pertama kalinya aku mengikuti kegiatan KKG Bahasa Inggris. Karena memang itulah pertama kali diadakannya KKG Bahasa Inggris tingkat kecamatan, tepatnya kecamatan Bumijawa. Saat menerima undangan satu hari sebelumnya, Jum’at, 3 desember 2011, aku merasa bersyukur saja karena masih ada pihak yang peduli adaya KKG, khususnya bahasa inggris . Bagaimanapun juga KKG sangat bermanfaat bagi kita, sebagai ajang untuk berbagi ilmu, informasi, pengalaman- pengalaman tentang pembelajaran Bahasa Inggris. Dulu aku pernah bertanya- tanya sendiri, ada KKG Agama, KKG kelas I sampai kelas VI. Tapi kenapa tidak ada KKG bahasa inggris ? Bahasa Inggris memang pelajaran muatan lokal di SD,tapi bukan berarti di anak tiri kan kan? Aku tidak tahu apakah aku, yang sudah kurang lebih satu tahun mengajar bahasa Inggris di sini, yang hanya memikirkan  ini ? atau guru senior – senior juga bertanya – tanya dan memikirkannya  tanpa berbuat apapun seperti aku? Ah aku tidak tahu. Tapi sekarang aku sudah lega dan ternyata ada rasa senang juga, seperti merasa sudah di akui.

Tertulis di undangan bahwa acara di mulai jam 7.30. Aku berangkat dari rumah kurang lebih jam 7 kurang seperempat. Bukan karena saking semangatnya, tapi karena ada hal yang perlu aku kerjakan di sekolah, memberikan tes praktek ke anak2 kelas V dan mengambil silabus beserta RPPnya. Tapi sesampai di sekolah, aku putuskan dan aku informasikan kepada anak- anak didikku bahwa tes praktek bahasa Inggris di undur setelah UAS karena memang waktu yang tidak memungkinkan.

Jam 8 lebih. Tapi aku masih ada di sekolah. padahal jarak tempuh dari sekolah dimana aku mengajar sampai ke tempat KKG, di SD N Bumijawa 01 sekitar 15 menit. Aku lihat jam lagi, pk. 08.10. Aku sudah ingin berangkat. Maklum, baru pertama kali KKG, jadi agak khawatir kalau nanti terlambat. Tapi, 2 guru, yang ada jadwal KKG juga belum beranjak. Dan akhirnya mereka beranjak juga, bersiap – siap berangkat setelah bu kepsek menyuruh kita berangkat.

Jam setengah 9  lebih, aku akhirnya sampai di SD N Bumijawa 01. wah ternyata sudah banyak yang datang, tapi untunglah belum mulai.  wah wah memang benar-benar Indonesia. sangat terkenal dengan jam karetnya. Sebelumnya aku dan teman – teman guru berkumpul dengan guru2 kelas IV dan V yang pada akhirnya di pisahkan di ruangan tersendiri.

Dari kurang lebih 56  SD yang ada di kecamatan, hanya 23 guru yang mengikuti kegiatan ini. Dimana yang lain? Memang, dari semua guru bahasa Inggris, yang berasal dari background bahasa Inggris lebih sedikit dibanding dengan pengajar bahasa Inggris yang bukan berasal dari background pendidikan bahasa Inggris. Tapi, aku berharap bukan masalah berasal dari background mana yang menjadikan mereka tidak bisa mengikuti Kelompok Kerja Guru ini. Kenapa aku berkata demikian? Temanku, sebut saja A, bingung akan mengikuti kegiatan ini atau tidak karena merasa minder dia bukan berasal dari backgroundnya. Setelah aku paksa akhirnya dia berangkat juga. Berasal dari background atau tidak, kita semua harus bertanggung jawab terhadap apa yang sudah di berikan kepada kita.

Salah seorang yang menjadi nara sumber berdiri di depan dan yang akhirnya beliau tidak beranjak dari kursinya selama memberikan penjelasan kepada kita mengenai Pembuatan silabus dan RPP. Aku tidak tahu nama beliau, tapi sepertinya beliau adalah salah satu pengurus KKG Kecamatan. Beliau juga sempat bercerita tentang novel karya A. Fuadi yang sudah di bacanya. Negeri 5 Menara dan Ranah 3 warna yang terkenal dengan mantra ajaibnya ” Man jadda Wa Jadda dan Man shabara Zhafira “. Memang Novel – novel yang sangat Inspiratif ( Setelah aku baca ). Dan juga memperlihatkan kepada kami video children see, children do.

Dan seperti yang sudah kita duga, pembagian tugas membuat silabus dan Rpp pun dimulai. Aku kebagian membuat RPP tentang Things around us dan Alphabet.

Setelah Pembagian tugas selesai, sampailah pada acara penutup yang kemudian dilanjutkan dengan makan siang dan satu persatu  meninggalkan ruangan. SMP ( Setelah makan Pulang) begitulah istilahnya🙂. Dan Aku bertanya – tanya sendiri. Apakah setelah terkumpulnya silabus dan Rpp yang telah kami buat itu berarti juga berakhir sudah KKG ini? Apakah ini pertemuan pertama dan terakhir? Atau apakah ada pertemuan selanjutnya?  Kalau ada, Kapan? Apakah pertemuan selanjutnya diadakan setelah kurikulumnya berubah lagi dan mengharuskan kita membuat silabus dan RPP baru ?

2 thoughts on “KKG Bahasa Inggris Kec. Bumijawa: Masih Tanda Tanya

  1. Assalam..Ada kemauan pasti ada jalan. Bahasa Inggris di SD memang mapel baru,statusnya adalah Mulok. Kalau di tempat saya sebagai Mulok Kabupaten. pengalaman saya sendiri juga sama dengan panjenengan, dari belum diakui menjadi diakui…alahmdulilah KKG Bahasa Inggris di tempat saya di Kecamatan Tulis Kabupaten Batang sudah berjalan dengan lancar. kami setiap bulan menyelenggarakan KKG… semoga tempat njenengan juga nantinya akan rutin menyelenggarakan KKG. karena saya rasa sangat bermanfaat sekali sebagai tempat sharing mengenai pengajaran Bahasa Inggris di lingkungan Sekolah Dasar. tetep semangat bu……

Leave a Reply

