Pengajaran Bahasa Inggris di SD

  1. 1. Latar Belakang Pengajaran Bahasa Inggris di SD

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional  yang perlu di ajarkan untuk tujuan penyerapan dan pengembanagn IPTEK dan seni budaya serta pengembangan hubungan antar bangsa. Berdasarkan kurikulum, maka pelajaran bahasa inggris sebagai kurikulum muatan local dalam pelaksanaannya digunakan pendekatan komunikatif, yaitu memberikan penglaman langsung bagi siswa untuk menggunakan bahasa inggris sebagai alat komunikasi dengan tujuan memberikan bekal kemampuan dan ketrampilan dasar kepada siswa agar dapat berkomunikasi praktis (GBPP Bahasa Inggris, 1995 ).

 

Oleh karena itu, bahasa Inggris tidak wajib dilaksanakan di sekolah dasar, melainkan diselenggarakan sebagai muatan local dan hanya dapat diberikan untuk kelas IV, V, dan VI.

  1. 2. Fungsi dan Tujuan Pengajaran Bahasa Inggris di SD

1). Menurut GBPP muatan lokal bahasa Inggris kabupaten Tegal, fungsi dari pengajaran bahasa Inggris di SD adalah

- Mapel  bahasa Inggris berfungsi sebagai wahana pengembangan diri siswa dalam bidang ilmu pengetahuan dan seni budaya sehingga pertumbuhan mereka tetap berkepribadian Indonesia.

- Muatan lokal bahasa Inggris merupakan mata pelajaran pilihan sekolah dasar kelas IV, V, dan VI.

2). Menurut GBPP Muatan Lokal Bahasa Inggris Kabupaten Tegal, pengajaran bahasa Inggris bertujuan untuk :

- Muatan lokal bahasa Inggris di sekolah dasar bertujuan agar siswa memiliki ketrampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

- Mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar diajarkan kepada siswa dengan tujuan siswa  memiliki :

  • Kemampuan ( language competence ), yang mencakup unsure – unsure tata bahasa, tata bunyi, tata tulis, tata budaya, dan kosakata.
  • Ketrampilan dengan menggunakan ( language performance) unsur – unsur tersebut di atas dalam bentuk yang sederhana.
  1. 3. Ruang Lingkup Pembelajaran Bahasa Inggris di SD.

Pembelajaran bahasa inggris di sekolah dasar mencakup empat ketrampilan yaitu speaking ( berbicara ), reading ( membaca), listening ( mendengarkan ), writing ( menulis ). Penekanan pembelajaran berbicara mengenai ungkapan – ungkapan yang ada kaitannya dengan lingkungan siswa di rumah, di sekolah, dan di masyarakat.

Ruang lingkup pembelajaran muatan lokal bahasa inggris di sekolah meliputi ungkapan – ungkapan dan kalimat – kalimat sederhana mengenai benda di sekitar kita, di lingkungan keluarga, di lingkungan sekolah, di lingkungan geografis, dan komunikasi anak dengan lingkungan.

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s